Kamis, 17 April 2014

Kenapa orang lain mau membantumu?


Kenapa orang lain mau membantumu?

Karena, mereka menghormatimu dan menyayangimu. Jika mereka tidak ingin membantumu, itu adalah hak mereka. Bisa terima atau tidak, tergantung kelapangan dadamu, kita tak bisa menyalahkan hidup kita kepada orang lain.

Seringkali kita bertanya kepada orang lain,

''Kenapa dia tidak mau mengerti aku?

''Kenapa dia tidak mau menerima aku apa adanya?

''Kenapa dia tidak mau membantu aku?

Semua itu karena kita terlalu mementingkan aku, aku dan aku. Kita lupa, orang lain juga memiliki kepentingannya sendiri, orang lain juga memiliki kehidupannya sendiri, sehingga kita menjadi tegang dan emosional. Lalu, hilanglah kesempatan untuk menikmati dan membagi hidup ini.

Yang harus diubah adalah diri kita, perluas pandangan kita dan perlebar hati kita. Jangan pernah biarkan keraguan dalam diri membuat kita ragu dengan diri kita sendiri.

''Jika bukan kita yang memahami diri kita, siapa lagi?''

Hidup terlalu pendek, tidak cukup waktunya untuk mengeluh dan membenci, maka gunakanlah waktu yang berharga ini untuk mencintai orang-orang yang mencintaimu dan ikhlaskan orang-orang yang tidak menghargaimu.

''Bagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain?''

''kamu ingin selalu dihargai?''

''kamu ingin selalu dipuji, disanjung, atau ingin selalu dimengerti?''

Pada akhirnya, kenyataannya kamu hanya bisa mendapatkan perlakuan yang layak kamu dapatkan. Kita semua adalah sama, adalah ciptaan Tuhan yang maha esa. Tak ada yang derajatnya lebih tinggi atau lebih rendah, bedanya hanyalah nilai dari diri kita. Nilaimu tergantung dengan bagaimana kamu memperlakukan dirimu sendiri, bagaimana kamu menghargai dan menghormati dirimu. Itulah faktor bagaimana cara orang lain akan memperlakukanmu.

Dan kita semua pasti tau, rasa pahit dan kepahitan hidup itu memanglah tidak enak, tapi sering sekali kita butuh rasa pahit untuk menjadi lebih sehat. Barang kali demikian juga dengan kehidupan, ada kalanya rasa pahit itu harus menjadi bagian proses untuk menjadi lebih baik.

Tetap berdo'alah dan berjalan di jalan yang di ridhainya. Dan jika do'a kita belum terkabul janganlah langsung berputus asa, Allah sengaja menunda jawaban do'a kita. karena, Allah swt ingin menguji sampai di mana ketabahan dan kesabaran hati kita. Alloh swt berfirman,

“Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk ke dalam surga, padahal belum datang kepada kalian (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kalian? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam goncangan) sehingga bersabdalah Rasul dan orang-orang yang bersamanya : ’’Bilakah datang pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah amatlah dekat.”

( QS. Al Baqarah : 214 )

-Salam santun saya ''Satrio si Juragan kodhok'' 13/042014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar