Sabtu, 13 Februari 2016

Jika Hati tidak mudah tersentuh oleh nasehat.

 
Orang yang mencela nasihat sebetulnya tahu, dia mencela dari hatinya yang tersiksa oleh kehidupan yang buruk, yang juga diketahuinya sebagai akibat dari sifat buruknya.

‘’Ini pengalaman saya dulu kalau dinasehatin.’’

Alloh swt berfirman, ''Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surah itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada, dan mereka akan mati dalam keadaan kafir.'' ( Qs At - Taubah 125 )

Orang kalau hatinya sudah ada penyakit, diterang-terangin ayat Al qur’an dia tidak percaya, malah tambah kekafirannya. Makin banyak ayat Al qur’an diterangkan makin banyak ayat Al qur’an yang dikufuri, maka sampai mati dalam keadaan kafir.

Orang yang ada penyakit hatinya, mendengar ayat suci Al Qur’an dilantunkan seperti mau disambar petir, ditutup telinganya, pokoknya jangan sampai mendengar. Karena tidak suka ayat suci Al qur’an dilantunkan.

Dalam Al qur’an disebutkan, ‘’Atau seperti (orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit, yang disertai kegelapan, petir, dan kilat. Mereka menyumbat telinga dengan jari-jarinya, (menghindari) suara petir itu karena takut mati. Alloh meliputi orang-orang yang kafir.’’ (Qs Al Baqarah : 19)

Orang kalau sudah ada penyakit hatinya, melihat orang rajin menjalankan ketaatan dianggap aneh atau lucu.  Suka mentertawakan orang yang sedang beribadah, menganggap remeh, kemudian memperolok-olok dengan kata-kata yang kasar.

Alloh swt berfirman, ''Sesungguhnya orang-orang yang berdosa, adalah mereka yang dahulunya (di dunia ) mentertawakan orang-orang yang beriman. (QS. Al Muthaffifin : 29)

Dikasih badan yang sehat, tapi tidak digunakan untuk beribadah dan beramal di jalan Alloh.  Dikasih tangan yang kokoh, tapi malah digunakan untuk mencuri. Dikasih umur yang panjang, malah digunakan untuk berbuat maksiat. Dikasih otak yang cerdas, malah digunakan untuk menipu, korupsi, dan lain sebagainya.

Alloh swt berfirman, “Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Alloh) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Alloh), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Alloh); mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka Itulah orang-orang yang lalai.”  (QS. Al-A’raaf : 179)

''Astagfirullah ... hal adzim ...

Jadi, jika kita ingin tau hati kita ada penyakitnya apa nggak dengarkan saja lantunan ayat suci Al Qur'an.  Kalau saat mendengar diliputi rasa tidak suka atau malah diliputi kebencian, sudah pasti hati kita ada penyakitnya. Dan penyakit itu harus cepat-cepat di obati agar cepat sembuh. Bagaimana caranya, caranya dengan bertaubat dengan sungguh-sungguh, beribadah dengan sungguh-sungguh, mentaati perintah Alloh dan menjauhi larangannya.

Alloh swt berfirman, “Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang beriman. Katakanlah, “Dengan karunia Alloh dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia Alloh dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” ( QS Yunus : 57 - 58 ).

"Dzalikal-Kitabu La roiba fih Hudal-lil muttaqin" artinya : ''Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.'' (QS Al Baqoroh ayat 2)

Petunjuk dari Alloh itu Al Quran dan Hadits, untuk itulah mari kita pelajari Al Qur’an dan hadits dengan sungguh-sungguh. Pelajari setiap ayatnya, pelajari maknanya, setelah faham dan mengerti kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Amalkan, lalu ajarkan pada keluarga kita, pada saudara muslim yang lain yang belum mengerti. Al Qur’an adalah petunjuk jalan kebenaran, furqon …  pembeda antara yang haq dan yang batil.

Semoga Alloh swt melimpahkan rahmat serta hidayahNya bagi kita semua. Aamiin. ‘’Wallahualam bi shawab.’’

#Intropeksi_diri
#Remaja_muslim
#Islam_itu_indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar