Sabtu, 11 Agustus 2018

Kualifikasi Piala Asia U20







Sepakbola adalah tontonan yang saya tunggu-tunggu. Kapan lagi kita bisa besas teriak-teriak bersama teman dan tetangga sekitar. Ya pasti karena ada Sepak Bola.

Pada tahun 1967, otoritas nigeria memutuskan untuk menghentikan perang sipil di nigeria selama 2 hari, karena kedua pihak ingin menyaksikan permainan sepak bola pele di tv. Luar biasa bukan? Ini membuktikan kalau Sepak Bola mampu memberikan perdamaian.

Masih terngiang dalam ingatan saya saat Timnas kita melibas habis Malaysia 1 : 0. Begitu pertandingan usai ribuan suporter kompak menyanyikan lagu perjuangan. Dan mungkin juga sobat netizen yang nonton di rumah juga ikut bernyanyi.

♪ ♫ Indonesia Tanah Air Beta ...
Pusaka abadi nan jaya ...
Indonesia sejak dulu kala ...
Tetap dipuja- puja bangsa. ♪ ♫

♪ ♫ Di sana tempat lahir beta ...
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata ... ♪ ♫ 😫

Sumpah saya merinding mendengar lagu itu, dada saya bergetar, sampai tak terasa menitikkan air mata. Lagu perjuangan itu telah membangkitkan rasa nasionalismeku. Sungguh sangat luar biasa. Dan mungkin anda yang nonton juga merasakan seperti apa yang saya rasakan. Membuat kita yang tadinya bercerai berai kembali bersatu memberikan dukungan, tanpa membeda -bedakan status golongan, suku, agama, kaya dan miskin.

Kenapa sepak bola sangat disukai? Karena olahraga ini murah, bisa dimainkan oleh siapa saja, entah itu orang tua, muda, anak kecil, orang dewasa, lelaki, dan juga perempuan. Hanya bermodalkan bola plastik seharga 5 ribu kita bisa bermain bola bersama teman-teman kita. Hebat bukan!

Masyarakat Indonesia memang butuh hiburan, sudah bosan dengan acara tv nggak jelas yang penuh dengan drama politik dan segala macam persoalan. Kita butuh tontonan yang mendidik, tontonan yang mampu membangkitkan rasa nasionalisme untuk menyatukan kita semua.

- Oleh : Satrio Damar Setiadji ( Mas Ganteng )
Nama pena : Cah Wonogiri








Tidak ada komentar:

Posting Komentar