Kamis, 24 Desember 2015

Pojok Renungan

-
Lentera Hati untuk umat Muslim
Assalamu’alaikum wr wb ....

Selamat pagi sobat muslim, semoga di pagi yang indah ini Alloh swt melimpahkan rahmat serta hidayahNya bagi kita semua.

Mari sejenak saja kita simak coretan sederhana di bawah ini.
-
Hidup di dunia ini ibaratnya seperti mampir ngombe

Alloh swt berfirman, "Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman serta bertakwa, Alloh akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu." (Qs Muhammad : 36)

Hidup di dunia ini ibaratnya seperti mampir ngombe, sebentar saja. Apa yang kita miliki saat ini kelak akan diambil kembali.

Malam kita tidur, bangun pagi, kerja, gajian, duit habis, begitu saja seterusnya. Iya klo kita rajin Ibadah. Bagaimana kalau lupa atau tidak mau menjalankan Ibadah? Padahal uang yang kita cari setiap hari itu titipan dari Alloh, pemberian dari Alloh. Sanggup tidak kita menjaga titipannya? Sudah berterima kasihkah kita? Atau kita lupa bagaimana caranya berterima kasih?

Kita contoh tukang parkir.

Meskipun dia diberi tanggung jawab menjaga banyak mobil atau motor tapi dia tidak bisa memiliki dan hanya bisa menjaga. Karena, dia tau itu bukan haknya. Dia menjaga betul-betul agar mobil itu aman di tempat parkir.

Bila mobil atau motor itu rusak, yang titip pasti marah. Apalagi sampai hilang, sudah pasti yang punya marah sekali.

Begitu juga kita hidup di dunia ini. Semua yang kita miliki semuanya milik Alloh, kita hanya dititipin saja. Sanggup tidak kita menjaga titipannya? Digunakan untuk kebaikan atau malah sebaliknya.

Kita dititipin harta benda. Digunakan untuk apa? Sudah dipakai untuk beramal di jalan Alloh apa belum? Ikhlaskah kita bersedekah? Ikhlaskah kita membantu sesama?

''Kalau tidak bisa menjaga yang punya pasti ... marah!''

Kita dititipin anak dan isteri. Kita bisa menjaga mereka atau tidak? Sudah memberikan kasih sayang apa belum? Sudah membahagiakan mereka apa belum? Sudah mengajarkan agama dan suri tauladan yang baik apa belum?

''Kalau tidak bisa menjaga yang punya pasti ... marah!''

Kita dititipin kaki, tangan, mulut, juga telinga. Digunakan untuk apa? Untuk berbuat jahat atau untuk berbuat baik? Kaki dan tangan kita sudah digunakan untuk membantu sesama apa belum? Sudah dipakai untuk Ibadah apa belum? Mulut kita digunakan untuk berkata baik apa kotor?

''Kalau tidak bisa menjaga titipan, yang punya pasti ... marah!''

‘’Sobat muslim yang terhormat yang dirahmati Alloh swt.’’

Semoga coretan sederhana ini bisa memberi manfaat, dan bisa menginspirasi kita semua. Agar kita bisa menjaga betul-betul semua pemberian dari Alloh, menjaga betul-betul semua titipan dari Alloh, dan semua yang kita miliki.

Alloh Swt berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Alloh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”(QS AT Tahrim : 6)

Hidup di dunia ini hanyalah sementara. Maka dari itu, mari kita perbanyak melakukan Ibadah, kita perbanyak berbuat kebajikan, untuk bekal kita kelak di kehidupan yang tiada akhirnya, yaitu Akhirat. ''Wallohu’alam bishawab''

Wa’alaikumsalam wr, wb

#Intropeksi_diri
#Islam_itu_indah

#Remaja_muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar