Kamis, 03 Juli 2014

Budaya Jawa Yang Mulai TerLupakan

‘’Kenapa bisa lupa?’’

‘’Tapi, tidak semuanya lupa, kan?’’

Rata-rata anak muda sekarang seperti itu. Mereka pada malu, malas dan sebagainya. Entah itu belajar budayanya atau belajar yang lainnya. Sekedar mendengarkan gending jawa atau lagu jawa pun di bilang katrok atau ndeso.

''Waduh … Kenapa bisa begitu, ya?’’

Lagi-lagi ini kemajuan jaman sobat. Budaya sendiri semakin di tinggalkan dan mulai di lupakan. Terganti dengan tehnologi yang serba gadget, serba canggih dan serba mudah untuk di cari. Semua orang maunya yang praktis dan serba instan. Alasanya, gampang untuk di akses, murah dan mudah untuk bergaul.

Padahal kalau di pikir-pikir nilai seninya di mana?

Orang-orang bule berbondong-bondong pergi ke pulau jawa hanya untuk belajar budaya jawa. Mereka bangga dan sangat antusias mempelajari tarian jawa, gending jawa, huruf jawa, mendalang atau budaya jawa yang lainya. Lalu, kenapa kita sebagai orang jawa asli malah merasa malu dan enggan untuk mempelajarinya. Sebagai contoh, pagi ini aku muter instrument gendang rancak, ternyata banyak sekali yang protes. Mereka bilang…..

‘’Dasar orang kampungan! Ini Jakarta, Mas! Nggak berubah dari dulu! Dasar ndeso!’’

Saya jadi bengong sendiri mendengarnya. Orang pergi merantau bukannya semakin benar tapi malah semakin ngawur. Dari kampung sopan banget, sebulan kemudian penampilan jadi berubah. Pakai anting ala rockers, pakai jaket kuning terang, pakai celana kodorai, dandananya bukannya nyambung malah bikin ngakak banget, persis seperti elvis Presley kecemplung jamban. SGM ( salah gaul men )

Yang cewek pun juga begitu tidak mau kalah. Dari kampung sopan banget, suaranya lembut banget, selembut lapis legit dari bogor. Sebulan kemudian penampilan jadi berubah 100%. Pakai rok ketat super mini, pakai hot pant, pakai bedak + gincu tebal banget, setebal abu vulkanik gunung kelud yang belum lama meletus. Pakai sepatu hak tinggi, haknya juga tinggii banget, setinggi burung emprit yang terbang di angkasa. kalau jalan jadi lendat-lendut persis seperti julia perez di entup tawon.

Lungo merantau neng kutho karepe arep ngrubah nasip. Pengen urep mulyo koyo kanca-kancane. Nanging, duite entek terus dinggo foya-foya, dinggo online, dinggo shoping, dinggo kredit panci, dinggo kredit hape, dinggo kredit daster karo dinggo kredit laptop.

Soyo suwe malah dadi stress dewe. Kerjo pirang-pirang taun ora iso nyekel duit. Akhire, yo gur bingung + mumet dewe, mumet nggagas duite entek dinggo tuku opo wae. Isane, yo gur gari nyengir dewe karo thingak thinguk koyo enthung, banjur lungguh semende ono ngarep lawang. karo sambat ngalor ngidul,

‘’Duh gustii …! Urep pisan kok yo nelongso tenan atiku.’’ ( salae sopo urak-urakan )

Niate pengen muleh mudik neng kampung halaman, nanging duite pas-pasan. Duite gur cukup dinggo tuku tiket mangkat muleh. kepeksane yo nekat-nekatan dinggo muleh.

Jam limo sore mangkat lungo mudik. Numpak bis ekonomi ac, tekan ngomah wancine subuh, langsung bablas mapan turu. Sak durunge turu awakmu pesen karo simbokmu…

‘’Mbok, mengko aku tukokno jajanan pasar dinggo sarapan.’’ (ora eling nek iki sasi poso)

Tangi turu durung kambon banyu, awakmu wes silo methekel ngadep jajanan pasar pesenanmu. Opo wae seng ono pasar di tuku. Ono dawet, klepon, gendar pecel, tahu kupat, petis, tongseng, lan sego gudeg.

Bar sarapan weteng dadi warek, hawane dadi ngantuk. Arep mapan turu ora iso sebabpe ono tamu.

‘’Opo goro-goro wetengmu kewareken? ilatmu dadi kaku koyo ngono? Babar blass ora iso ngomong jowo.’’

Di ajak ngendiko karo wong tuo jawabanmu malah elu gue. Di jawab nganggo boso gaulmu.

‘’Weleh …! Ora sopan blass …!!’’ SGM ( salah gaul men )

Wong tuo ngendiko malah di angsuli nganggu boso Jakarta, yo malah dadi bingung. Bingung arep njawab kepiye. Dadi wong tuo yo gur mlongo ora mudeng karepmu kepiye. Karo mbatin…

‘’Bocah iki pecicilan timen, to! Ono wong tuo ngendiko malah asik dewe nyetel lagu londho ora nggenah! Clekenthak-clekenthik karo jogetan dewe. Amit-amat jiabang bayik anak putuku ojo nuruni!’’

‘’Hehe … ( peace )

Dan, lagi lagi kita nyalahin budaya barat. Yang katanya mulai merusak generasi kita

‘’Waduh! Bahaya sekali, dong!!’’

kenapa kita harus saling menyalahkan. Semua itu kembali kepada diri kita masing-masing. Bagaimana caranya kita membawa diri dalam bergaul. Anda boleh saja benci budaya jawa dan anda juga boleh saja tidak menyukai budaya jawa. Karena, semuanya punya hak, semuanya bebas menyukai apa yang di sukai.

Ini hanya sekedar wacana atau intropeksi diri. Sebagai orang jowo mbok yo inget jowone, inget asal usulnya.

"Sebelum meminum air, selalu ingatlah sumbernya dari mana.’’

Jangan sampai anak cucu kita buta tentang budaya kita sendiri. Malu dong sama orang bule, mereka berani datang jauh-jauh menyeberangi lautan, datang ke pulau jawa hanya untuk mempelajari budaya jawa.

‘’waduh …! Jadi kebalik, dong!’’

Bisa-bisa malah kita nantinya yang belajar sama orang bule. Jadi kasihan anak cucu kita nanti. Sebagai orang jawa....

‘’Yuk, kita bersatu dan mencintai budaya kita. Kalau tidak di mulai dari sekarang kapan, lagi! Sudah saatnya generasi kita belajar untuk maju dan tidak selalu mengcopy budaya orang lain. Pokoke ''witeng tresno jalaran soko kulino’’.’’

- Salam santun saya ‘’Satrio’’ si juragan kodhok ‘’Rocker ndeso pecinta seni’’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar