Kamis, 17 September 2015

Kenapa yang beragama Islam selalu nampak buruk

Jawaban yang paling bijak adalah : Karena jauhnya dari ajaran agama, karena jauhnya dari tuntunan Al qur’an. Tidak mau mempelajari Agama dengan sungguh-sungguh, lalai dan tidak mau mengamalkannya. Islam itu sholat,  klo nggak mau sholat dia bukan Islam hanya sebatas Islam KTP.

Alloh swt berfirman, “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

Perbuatan yang dimaksud adalah berzina, mencuri, berbohong, berkata kotor, memfitnah, dan berbagai kemaksiatan lainnya. Jadi, umat muslim yang menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

Sering sekali kita melihat pemuda-pemudi yang memakai hijab pacaran di tempat umum. Tanpa malu, bahkan berani berbuat mesum. Nada sumbang pun keluar,

''Ah! Dasar perempuan nggak bener!! Pakai hijab cuma kedok doang!''

Di tv kita juga sering melihat terpidana kasus korupsi, juga kasus terpidana narkoba. Saat masih menjabat/saat menjadi artis tidak memakai hijab, tapi di saat memasuki ruang sidang raut wajahnya rapat tertutup hijab. Nada sumbang pun keluar,

''Noh liat! Orang Islam lagi kan tersangkanya!''

Orang jawa bilang, ''Ngisin-isini wong Islam (malu-maluin umat Islam).’’

Negara kita Indonesia ini mayoritas penduduknya beragama Islam. Tapi, mengapa banyak sekali kemaksiatan? Pelacuran ada dimana-mana, pelecehan sexual, perkosaan, perzinahan, Pembunuhan, tawuran, mabuk-mabukan, narkoba, korupsi merajalela, dan berbagai perbuatan buruk lainnya.

Padahal kalau ditanya, mayoritas penduduk Indonesia ini pengikut-pengikut Rosul. Mengaku beragama Islam, bahkan menurut statistiknya umat Islam di Indonesia adalah terbesar di dunia.

‘’Astagfirulloh hal adzim … Mau ditaruh di mana muka umat Muslim? Atau memang sudah tidak punya muka?’’

Untuk itulah, Kenapa kita harus belajar Agama dengan sungguh-sungguh. Agar kita mengerti tuntunan, mengerti mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk. Insya Alloh kita tidak akan tersesat oleh perbuatan-perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama.

Kuncinya : Munculkan yang haq maka yang batil akan hilang dengan sendirinya. Bagaimana caranya : Pelajari Al qur’an dan hadist dengan sungguh-sungguh. Setelah faham dan mengerti, terapkan dalam kehidupan sehari-hari, amalkan, lalu ajarkan pada keluarga kita, pada saudara muslim yang lain yang belum mengerti.

Kalau hati kita sudah mantap dengan apa yang kita pelajari, kalau iman sudah melekat di hati, kita tidak perlu takut dengan hal-hal seperti itu. Saya percaya, semua itu ada atas kehendak Alloh untuk menguji  sejauh mana iman kita, kita tidak bisa merubah takdir Alloh.

‘’Jika kita menemui kesulitan dalam menghadapi kemungkaran. Maka kembalikan saja pokok permasalahannya pada Al qur’an dan hadist, beres. Al qur’an adalah petunjuk jalan kebenaran, furqon .. pembeda antara yang haq dan yang batil.’’

- Oleh : Satrio Damar Setiadji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar