Kamis, 12 Maret 2015

Pantangan

Ayam goreng yang dibawa tamuku terlihat menari-nari di depan mataku. Pahanya yang besar, dadanya yang montok, dan kulit krispinya itu, kelihatannya renyah banget. Aku tak kuasa menahan air liurku, aku tak kuasa melihatnya, rasanya ingin sekali menghabiskan menu favoritku itu.

‘’Hmmm … kayaknya enak banget!’’ batinku.

Seketika konsentrasiku jadi buyar, obrolan dengan tamuku yang tadinya seru kini semakin ngaco aja.

‘’Mas?’’ tanya tamuku.

‘’Iya.’’ jawabku nggak fokus, soalnya masih ngliatin ayam goreng itu.

‘’Maaasss …!! Diajak ngobrol malah bengong, ch!’’

‘’Iy .. iya .. eh .. ayam enak … eh …!!’’ jawabku setengah gagap.

‘’Hehe … udah di makan aja! Ntar keduluan kucing klo diliatin aja.’’ ujar tamuku sambil senyum-senyum.

‘’Aku nggak boleh makan ayam sama Bu Dokter, Mbak.’’ jawabku datar.

‘’Yah, harusnya Mbak bawa buah, ya? yo wes nanti dibagi-bagiin tetangga aja, Mas.’’ ujarnya lagi.

‘’Iya, Mbak. Terima kasih, ya?’’ jawabku.

‘’Tapi, harus mantang bener-bener lho, Mas! Biar cepet sembuh sakitnya.’’ ujarnya lagi menasehatiku.

Kemudian, aku dan sahabat karibku itu ngobrol ngalur ngidul, cerita tentang keluarga besarnya, cerita tentang pekerjaannya, cerita tentang masa lalu saat masih sama-sama bekerja, seru sekali. Semenjak aku sakit, aku tidak pernah ketemu lagi dengannya, mungkin ada 7 Tahun lamanya kita tidak ketemu.

‘’Ternyata dia masih mengingatku.’’ ujarku dalam hati.

Dua jam kemudian temanku pamit mohon diri, takut turun hujan katanya. Aku hanya bisa mengangguk pelan sambil mengucap terima kasih yang sedalam-dalamnya.

‘’Terima kasih ya, Mbak. Maaf aku nggak bisa nganter sampe depan.’’ ujarku sambil mesam mesem.

‘’Iya, sama-sama ya, Mas. Kapan-kapan klo nggak sibuk aku main lagi.’’ jawabnya.

Setelah temanku pergi aku tutup kembali pintu kamarku, kemudian aku rapikan gelas-gelas kotor yang berada di atas meja. Sejenak mataku tertegun, melihat potongan Ayam goreng crispy oleh-oleh yang dibawa temanku. Tanpa ba-bi-bu lagi aku ambil potongan ayam yang paling besar, kemudian aku buka juga saos sasetan yang berada di pinggirannya.

‘’Hmmm … enak banget …!!’’

Aku tak peduli lagi apa yang namanya pantangan, ayam ini rasanya enak sekali. Batinku bilang, ‘’Kalau makan ayamnya sekali pasti nggak pengaruh apa-apa.’’

Tapi, baru aja mau ngambil potongan ayam yang ke dua tiba-tiba pintu kamarku ada yang ngetuk.

‘’Tok … tok … tok …

‘’Mas … mas … maaf payungku ketinggalan!’’

Aku kaget, ternyata yang ngetuk pintu temanku yang tadi datang bertamu. Buru-buru aku rapiin ayam goreng yang sedang aku makan, tulang-tulangnya aku masukin ke dalam kantong plastik. Setelah semuanya rapi aku buka pintu kamarku pelan-pelan.

‘’Ada yang ketinggalan ya, Mbak?’’ tanyaku.

‘’Payungnya ketinggalan, Mas! Untung inget, soalnya udah gerimis.’’ jawab temanku.

‘’Emang udah sampe di mana, Mbak?’’ tanyaku lagi.

‘’Xxixixixi …. Masih di depan, Mas. Nunggu taksi lama banget.’’ jawabnya sambil ngakak cekikikan.

‘’Ketawanya sampe ngakak begitu?! Ada apaan sih, Mbak?!’’ tanyaku penasaran.

‘’Coba Mas ngaca! Pasti kliatan.’’ jawabnya lagi, masih ketawa cekikikan.

Pelan-pelan aku ambil kaca cermin yang berada di sampingku. Saat aku lihat raut wajahku, saat itu juga aku tersenyum kecut, malu sekali rasanya. Bibir sampai pipiku belepotan saos, bibirku juga kelihatan berminyak, kelimis banget.

‘’Hahaha … yo wes aku pulang ya, Mas?!’’ ujar temanku sambil ngakak cekikikan karena melihat ulahku.

Sebelum berlalu pergi, dia menatap box pembungkus ayam goreng yang udah acak-acakan itu. Lalu, mata kirinya mengerling genit ke arahku.

‘’Tiiing ….

‘’Duuuhhh malunya …

Oleh : Satrio ‘si juragan kodhok’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar