Minggu, 15 Maret 2015

Arjuna mencari cinta

Sore ini, Satrio si cowok idaman hati lagi asik matut-matutin diri di depan kaca cermin.

‘’Duuh, penampilan gue sore ini ganteng banget. Beneran! Pake kaos item, jaket item, celana item, pokoknya semuanya serba item. Kecuali color gue yang warnannya agak beda, soalnya luntur gara-gara kebanyakan ngasih bayclinnya.’’   =D :P

Malam minggu, bagi anak muda seperti gue selalu ingin tampil beda seperti yang lain. Jam 5 sore udah pergi mandi, habis mandi dandan habis-habisan, semprot ketek kanan semprot ketek kiri, klo perlu berendem dulu pake air bekas rendeman molto biar wanginya tetep awet. Niatnya sih biar ada yang naksir, siapa tau ada cewek khilaf trus mau jadi pacar gue.

''Asiknya ...'' =D

Emang dasarnya muka gue udah ganteng dari sononya, walaupun ada jerawat segede bola pingpong nangkring di idung gue, tetep aja keliatan keren. Apalagi klo pake kacamata item …

‘’Ck ck ck … copet di pasar pokoknya nyingkir semua, soalnya kalah keren sama penampilan gue.’’   =D :P

Menurut gue, gue ini orangnya baik hati, suka menabung dan tidak sombong. Suka membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Dulu gue pernah nolongin anak kecil yang nyasar di pasar, trus gue anterin anak itu pulang, tapi setelah itu gue sendiri malah kesasar nggak bisa pulang. Gue nangis, mewek di pinggir jalan, untungnya ada pak hansip yang mau nganterin pulang.

''Gua baik, kan?!'' =D

Kadang ngerasa heran, kenapa gue bisa seganteng ini. Mungkin karena factor turunan kali, ya? Atau mungkin juga ketuker sama anak artis pas nglairin gue di rumah sakit?

''Huft, jadi bingung?''

 Daripada pusing mending langsung nanya aja sama emak, siapa tau bisa ngasih jawaban.

‘’Mak, aku ganteng ya, Mak? Ko’ kulitku beda sama emak?! Emang mamak dulu ngidamnya apa?’’

‘’Untumu kuwi sing putih! Lha wong Bapak Mbokmu ireng thunteng ko’ njaluk putih! Karepmu kepiye?!’’ jawab emak sambil nyapu di halaman rumah.   =D :P

‘’Jare kanca-kancaku aku mirip Arjuno lho, Mak?’’ tanyaku lagi.

‘'Yo nek nyoto Arjuno tenan gek diangkati jemuran kae! Selak udan!’’ jawab emak tidak perduliin pertanyaanku.   =D :P

Selesai ngangkatin jemuran aku langsung siap-siap, mumpung masih sore pikirku. Soalnya cewek yang aku taksir rumahnya lumayan jauh. Sebenernya sih baru pedekate, wlopun cuma sebatas esemesan, miss call miss callan, cukuplah membuat hati ini sedikit berbunga-bunga.

''Namanya juga lagi jatuh cinta.''

Ceritanya, seminggu yang lalu pas aku nganter emak ke  pasar. Ada seorang gadis, jalannya cepet banget sambil nenteng barang belanjaannya, sepertinya dia terburu-buru, sampai nggak sengaja nyenggol badanku. Tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh, saat aku lihat ternyata sebuah dompet. Reflek aku teriak,

‘’Mbak …!! Mbak dompetnya jatuh! Mbak …!!’’

Gadis itu tetap berjalan cepat tidak mendengar teriakanku. Buru-buru aku pungut dompet itu lalu mengejarnya. Sampai di parkiran motor gadis terlihat kebingungan, seperti sedang mencari-cari sesuatu.

‘’Mbak! Nyari dompet, ya? Ini tadi jatuh. Mbak dipanggil-panggil diem aja!’’ ujarku.

‘’Wah … makasih ya, Mas! Untung untung … banyak surat penting di dalamnya!’’ jawab gadis itu.

‘’Ck .. ck .. ck … ternyata cantik sekali gadis ini.’’ batinku saat menatap wajahnya dari dekat.

Gadis itu mengucap terima kasih berulang-ulang, kemudian mengambil sesuatu dari dalam dompetnya.

‘’Ini, Mas. Buat beli rokok. Mas udah nemuin dompet saya. Coba klo hilang beneran! Pasti saya kebingungan!’’ ujar gadis itu sambil mengulurkan uang di  tangannya.

‘’Maaf Mbak! Saya nggak mau nerima. Beneran … saya tulus nolong, Mbak!’’ jawabku.

‘’Makasih banyak ya, Mas? Ini kartu nama saya. Saya langsung pulang, ya? Soalnya buru-buru!’’ ujarnya lagi kemudian nyalain mesin motornya.

Setelah dia pergi aku pun segera kembali ke tempat parkir motor vespaku, kemudian duduk santai di atas jok motor kesayanganku itu. Pikiranku menerawang, masih teringat gadis cantik itu. Dia memakai hijab warna putih kecoklatan, terlihat anggun sekali. Tiba-tiba aku teringat sesuatu, gadis tadi memberiku kartu nama.  Saat aku lihat ternyata namanya bagus sekali, ‘Iren Ridyatil jannah’.

Semenjak pertemuan tak terduga itu aku dan dia jadi sering berhubungan meskipun hanya lewat handphone.

''Yah, namanya juga usaha.''

Seperti sore ini, dengan penuh percaya diri aku ingin menyambangi rumahnya, niatnya sih mau ngapel. Kayaknya sih emang udah takdir, lha wong ketemunya aja kayak dicerita sinetron, siapa tau dia itu memang jodohku.

‘’Breeem …

Aku hidupin mesin vespa bututku dan langsung berangkat pergi ke sana. Melaju sangat pelan, menembus keramaian jalan raya, melewati perkampungan, persawahan, tanjakan perbukitan, hingga sampailah di tempat tujuanku ‘Desa Impian’.

‘’Breeem …

Aku hentikan motor vespaku di warung kecil pinggir jalan, sejenak untuk melepas penatku.

‘’Bapak, saya minta Aqua yang dingin satu, ya?’’

‘’Iya, Mas!’’ jawab si penjual warung itu.

‘’Mau nanya, Pak. Rumahnya Iren sebelah mana, ya?’’ tanyaku seusai meneguk air mineral itu.

‘’Iren anaknya Pak Lurah, ya? Itu rumahnya yang di cat putih besar!’’ jawab Bapak penjual warung itu sambil nunjuk ke arah rumah besar yang jaraknya sekitar 50 meter dari sini.

‘’Terima kasih ya,Pak.’’

Aku bayar air mineral yang baru saja aku minum, lalu aku hidupin kembali mesin motor vespaku.

‘’Breeem …

Baru saja mau ngegas tiba-tiba ada mobil berhenti tepat di depan motorku.

‘’Mas! Mas Satrio, ya? Mau ke mana, Mas?!’’ tanya seorang gadis dari dalam mobil.

‘’Ng .. anu .. eh .. kebetulan lewat aja!’’ jawabku setengah kaget setelah tau ternyata orang yang menyapaku itu orang yang mau aku kunjungi.

‘’Hayooo … mau malem mingguan, ya?’’ tanya gadis itu lagi sambil tersenyum.

Aku hanya bisa tersenyum kecut saat melihat ada cowok ganteng duduk di sampingnya. Serasi sekali pikirku, yang cewek cantik yang cowok gagah, pasti dia kekasihnya.

‘’Mau ke mana mereka? Pasti mau malem mingguan.’’ ujarku dalam hati.

‘’Door … Mas …!! Ditanya malah melamun! Mikirin pacarnya, ya? Ya udah aku jalan dulu, ya? Daaa …!!’’

Lagi-lagi aku hanya bisa diam, tersenyum kecut sambil melambaikan tanganku. Aku seperti terpaku di atas jok motorku, masih belum percaya apa yang baru saja aku alami, rasanya sia-sia sudah perjalanan jauhku ini, sungguh sangat menyedihkan. Cinta sejati yang selama ini aku impi-impikan musnah dalam sekejap mata. Aku gagal, aku gagal lagi.

Hari mulai gelap, sepertinya juga mau turun hujan, aku harus buru-buru pergi, aku tak mau berlama-lama di tempat ini, aku ingin cepat pulang.

Perlahan-lahan, dengan sisa-sisa tenagaku aku hidupin kembali mesin vespa bututku.

‘’Breeem …

Vespa bututku pun melaju sangat pelan,  jalannya semakin tersendat-sendat, seakan turut bersedih melihat tuannya sedang berduka. Di sepanjang perjalanan pulang pikiranku tidak menentu, kacau sekali, sepertinya ini perjalanan paling jauh yang pernah aku alami. Tiba-tiba, baru saja mau masuk jalan utama motorku mendadak ngadat,

‘’Breem .. det .. det .. det …

Motorku diam tak bergerak, berulang kali aku selah tetap nggak mau jalan mesinnya. Aku periksa businya baik-baik aja, tapi saat aku periksa bensinnya aku sedikit kecewa, ternyata bensinnya kering kerontang.

‘’Ya Tuhan … cobaan apalagi ini.’’

- Oleh : Satrio ‘si juragan kodhok’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar