Kamis, 29 Desember 2016

Arjuna Mencari Cinta.



Sore ini, Satrio si cowok ganteng idaman hati lagi asik matut-matutin diri di depan kaca cermin.

‘’Duuuh ... penampilanku sore ini ganteng banget, ya?'’  

Aku ini termasuk jomblo yang selalu ingin tampil beda. Setiap mau pergi selalu dandan habis-habisan. Makanya butuh waktu lama buat dandan doang. Niatnya sih biar ada yang naksir, siapa tau ada cewek khilaf trus mau aku lamar.

''Namanya juga usaha.'' 

Jadi jomblo itu kudu kuat godaan, soalnya banyak banget yang ngeledekin. Dibilang jomblo ngeneslah, jomblo akutlah, sampai dibilang jomblo abadi. Tapi, aku nggak pernah perduliin ledekan mereka.

Prinsipku, ''Ogah pacaran, maunya langsung menikah. Lebih baik fokus jadi cowok ganteng, daripada pocar pacaran yang nggak jelas juntrungannya.’’ 

Bukannya kepedean, tapi emang dasarnya udah ganteng dari sononya. Walaupun ada jerawat nangkring di ujung idungku, tetep aja keliatan keren. Apalagi klo pake kacamata item.

‘’Ck ck ck … copet pasar pokoknya nyingkir semua, soalnya kalah keren.’’  

Menurutku aku ini orangnya baik hati, suka menabung, dan tidak sombong. Suka membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Dulu aku pernah nolongin anak kecil yang nyasar di pasar, trus aku anterin anak itu pulang. Tapi, pas baliknya aku malah kesasar nggak bisa pulang. Aku nangis, mewek di pinggir jalan, untung ada orang baik yang mau nganterin aku.

‘’Aku keren, kan?’’  

Kadang aku ini heran, kenapa aku bisa seganteng ini. Mungkin karena faktor turunan, atau mungkin ketuker anak artis pas Emak nglahirin aku di rumah sakit. Bisa jadi, soalnya banyak orang yang bilang aku ini mirip Dwi sasono, mirip andra, ada juga yang bilang mirip Artis dangdut keliling.

‘’Mak. Aku ganteng ya, Mak? Kok kulitku beda sama Emak?! Emang Mamak dulu ngidamnya apa?’’

‘’Untumu kuwi sing putih! Lha wong Bapak Ibumu ireng thunteng kok njaluk putih! Karepmu kepiye …?!’’ jawab emak disela kesibukannya menyapu halaman rumah.  

‘’Kata temen-temen aku ini mirip Arjuno lho, Mak?’’ tanyaku lagi.

‘’Ya kalau beneran Arjuno cepetan diangkatin itu jemuran! Keburu hujan!’’ jawab emak, tidak perduliin pertanyaanku.

‘’Masak udah dandan ganteng begini disuruh ngangkatin jemuran Mak!’’protesku

‘’Nih, masukin ke keranjang jemurannya!’’ Ujar Emak sambil nyodorin keranjang tempat pakaian.

Selesai ngangkatin jemuran aku keluarin motor vespa butut kesayanganku.

‘’Mumpung masih sore.’’ pikirku.

Ceritanya begini, seminggu yang lalu pas aku lagi nganter Emak ke pasar. Tiba-tiba ada seorang gadis berjalan ke arahku. Sepertinya dia terburu-buru, sampai nggak sengaja nyenggol badanku.

Bruuuk …

‘’Maaf … maaf Mas …!!’’ ujarnya sambil berlalu.

Tiba-tiba ada sesuatu yang jatuh, saat aku lihat ternyata sebuah dompet. Reflek aku teriak, ‘’Mbak …!! Mbak dompetnya jatuh! Mbak …!!’’

Gadis tidak mendengar teriakanku. Buru-buru aku pungut dompet itu, kemudian mengejarnya. Sampai di parkiran motor gadis terlihat kebingungan seperti mencari-cari sesuatu.

‘’Mbak! Nyari dompet, ya? Ini tadi jatuh. Mbak saya panggil-panggil diem aja!’’

‘’Wah … makasih ya, Mas? Untung untung … banyak surat penting di dalamnya.’’ jawab gadis itu.

Gadis mengucap terima kasih berulang-ulang, kemudian mengambil sesuatu dari dalam dompetnya.

‘’Ini, Mas. Buat beli rokok. Terima kasih Mas udah nemuin dompet saya. Coba klo hilang beneran! Pasti saya kebingungan!’’ ujar gadis itu sambil mengulurkan uang 50ribuan.

‘’Maaf Mbak, saya nggak mau nerima. Beneran!’’ jawabku sambil tersenyum.

Batinku, “Malu dong! Masak sama cewek cantik begini minta imbalan.’’  

‘’Makasih banyak ya, Mas? Ini kartu nama saya. Saya langsung pulang, ya? Soalnya buru-buru!’’ ujar gadis itu sambil nyetater motor maticnya.

Setelah dia pergi aku kembali ke parkiran, kemudian duduk santai di atas jok motor kesayanganku. Pikiranku menerawang, masih teringat gadis cantik yang baru saja kehilangan dompet. Dia pakai baju muslimah, pakai hijab warna putih kecoklatan, sungguh terlihat anggun sekali.

‘’Kapan aku punya Isteri kayak dia.’’ batinku sambil tersenyum.

Tiba-tiba aku teringat sesuatu, gadis tadi memberiku kartu nama. Saat aku lihat ternyata namanya bagus sekali ‘Iren Ridyatil Jannah’.
*
2 minggu kemudian.

Sore ini, selasa pahing 21 november 2017. Dengan penuh percaya diri aku berniat ingin menyambangi rumahnya, Niatnya sih mau silaturahmi, sekalian mau kenalan. Kayaknya sih emang udah takdir, lha wong ketemunya aja kayak dicerita sinetron. Siapa tau dia itu memang jodohku.

Breeem …

Setelah selesai manasin mesin vespa bututku aku pun segera berangkat. Melaju sangat pelan, menembus kemacetan jalan raya, melewati perkampungan, persawahan, tanjakan perbukitan, hingga sampailah di tempat tujuanku ‘Desa Impian’. Tempatku mencari cinta sejati yang selama ini aku impi-impikan.

Breeem …

Aku hentikan motor vespaku di warung kecil pinggir jalan, sejenak untuk melepas penatku.

‘’Bapak. Saya minta Aqua yang dingin satu, ya?’’

‘’Iya, Mas.’’ jawab si penjual warung itu.

‘’Mau nanya, Pak. Rumahnya Iren sebelah mana, ya?’’ tanyaku seusai meneguk air mineral itu.

‘’Iren anaknya Pak Lurah, ya? Itu rumahnya yang di cat putih besar!’’ jawab Bapak penjual warung itu sambil nunjuk ke arah rumah besar yang jaraknya kurang lebih 50 meter dari sini.

‘’Terima kasih ya, Pak?’’

Aku bayar air mineral yang baru saja aku minum, lalu aku hidupin kembali mesin motor vespaku.

Breeem …

Baru saja mau ngegas, tiba-tiba ada mobil berhenti tepat di depan motorku.

‘’Mas … Mas Satrio, ya? Mau ke mana, Mas?’’ tanya seorang gadis dari dalam mobil.

‘’Ng .. anu .. eh .. kebetulan lewat aja!’’ jawabku setengah kaget, setelah tau ternyata orang yang menyapaku itu orang yang mau aku kunjungi.

‘’Hayooo … mau ngapel, ya?’’ tanya gadis itu lagi sambil tersenyum.

‘’Ng ..nggak ko’!’’ jawabku gugup.

Aku hanya bisa tersenyum kecut saat melihat ada cowok ganteng duduk di sampingnya. Serasi sekali pikirku, yang cewek cantik yang cowok gagah, pasti dia kekasihnya.

‘’Mau ke mana mereka? Pasti mau kencan.’’ batinku.

‘’Door …!! Mas …!! Ditanya malah melamun! Mikirin pacarnya, ya?’’ ujar gadis itu mengagetkan lamunanku.

‘’Kenalin nih, Mas? Ini suamiku.’’ lanjutnya.

‘’Satrio ...’’ sapaku sambil menjabat tangannya.

‘’Arjuna. Salam kenal ya, Mas?’’ Jawabnya sambil tersenyum.

‘’Ya udah ya, Mas. Aku jalan dulu, mau ada acara keluarga.’’ Ujar gadis itu.

‘’Oke …’’ jawabku sambil ku lambaikan tanganku.

Setelah dia pergi aku diam seperti patung di atas jok motorku. Masih belum percaya apa yang baru saja terjadi. Rasanya sia-sia sudah perjalanan jauhku ini Sungguh ini sangat menyedihkan. Cinta sejati yang selama ini aku impi-impikan musnah dalam sekejap mata.

‘’Aku gagal! Aku gagal lagi Maaakk …!!’’ jeritku dalam hati.

Aku pandangi langit yang mulai gelap, sepertinya mau turun hujan. Suara petir sesekali terdengar di kejauhan sana.

‘’Hmmm … aku nggak mau berlama-lama di tempat ini. Aku ingin cepat pulang.’’ batinku.

Perlahan-lahan dengan sisa-sisa tenagaku aku hidupin kembali mesin vespa bututku.

Breeem …

Vespa bututku melaju pelan, jalannya semakin tersendat-sendat. Suara mesinnya menggerung-nggerung, seakan turut bersedih melihat tuannya yang sedang berduka. Di sepanjang perjalanan pulang pikiranku tidak menentu, kacau sekali. Sepertinya ini perjalanan pulang paling jauh yang pernah aku alami.

Tiba-tiba, saat mau masuk jalan utama motorku mendadak ngadat,

Breem .. det .. det .. det …

Motor vespaku diam tak bergerak. Berulang kali aku selah tetap nggak mau jalan mesinnya. Aku periksa businya baik-baik aja. Tapi, saat aku periksa bensinnya aku sedikit kecewa, ternyata bensinnya kering kerontang.

‘’Ya Tuhan … cobaan apalagi ini?’’ ðŸ˜“😫😥😭😭😭

Oleh : Satrio Damar sedtiadji
cerpen :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar