Kamis, 29 Desember 2016

Pojok Renungan


Allah swt berfirman, 'Inna shalata tanha 'anil fahsa iwal munkar'. yang artinya "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar.” (QS Al ‘Ankabut: 45).

Perbuatan yang dimaksud adalah : Berkata kotor, berbuat maksiat, menggunjing, membuka aib oranglain, mencari-cari kesalahan oranglain, berkata bohong, berbuat jahat, dan lain sebagainya.

Kalau kita sudah menjalankan shalat berarti kita harus bisa dan semaksimalnya menghindari perbuatan tersebut. Jangan sampai perbuatan seperti itu melunturkan atau mengugurkan shalatnya. Kalau sudah shalat tapi masih mau melakukan perbuatan tersebut, shalatnya menjadi tidak berguna sama sekali atau sia-sia shalatnya.

Orang yang shalat berarti memasrahkan diri untuk beribadah kepada Allah, dan semata-mata hanya karena mencari ridha Allah. Sehingga cocok dengan perilakunya. Kalau mau berbuat baik selalu ingat Allah, kalau mau berbuat jahat selalu mengingat Allah.

Kalau saya berbuat seperti ini benar apa tidak, ya? kalau saya berbuat seperti itu benar apa tidak, ya? Sehingga kita jadi faham dan mengerti, mengerti mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk.

Maka dari itu kalau kita ingin terhindar dari perbuatan keji dan munkar ingatlah shalat. Jadikan shalat sebagai tameng untuk membentengi diri, agar kita tidak tersesat dan mudah terjerumus oleh perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama.

Semoga Allah swt melimpahkan rahmat serta hidayahNya bagi kita semua. Aamiin.

#Intropeksi diri
#Kajian Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar