Kamis, 29 Desember 2016

Pojok Renungan


Ternyata dunia maya sering membuat kita menjadi lupa daratan. Bagaimana tidak lupa daratan, setiap saat setiap waktu kita sibuk online, bermain HP, bermain computer, sampai kita lupa waktu. Waktu banyak yang terbuang, pekerjaan terlupakan, suara adzan pun terabaikan.

Di rumah sibuk maen HP
Di tempat kerja sibuk maen HP
Di saat makan sibuk maen HP
Di sekolah sibuk maen HP
Di jalan sibuk maen HP
Di kendaraan sibuk maen HP
Di Masjid sibuk maen HP
Pas pengajian sibuk maen HP
Pas waktunya Ibadah sibuk maen HP
Pas liburan sibuk maen HP
Pas ngumpul bersama keluarga sibuk maen HP
Pas ngumpul bersama teman-teman sibuk maen HP
Pas mau tidur sibuk maen HP
Pas bangun tidur yang dicari HP
Pas buang air besar pun masih saja maen HP

Ternyata banyak sekali hal penting yang sering kita abaikan. Jangan sampai hanya karena dunia maya kita menjadi lupa diri dan lupa kewajiban kita sebagai umat muslim, yaitu Ibadah.

Allah swt berfirman, “Maka datanglah sesudah mereka generasi (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturuntukan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan.” (Qs Maryam: 59)

Allah swt berfirman, ““Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al Hasyr: 18-19)

Bencana terbesar manusia bukanlah kematian tetapi menyia-nyiakan waktu. Karena, kematian hanya memutuskan kalian dari dunia dan kesenangan hidup. Sementara menyia-nyiakan waktu memutuskan kalian dari Allah dan syurga.

Allah swt berfirman “Sesungguhnya Hari Kiamat itu akan datang. Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan. Maka sekali-kali janganlah kamu dipalingkan daripadanya oleh orang yang tidak beriman kepadanya dan oleh orang yang mengikuti hawa nafsunya, yang menyebabkan kamu jadi binasa.” (Qs Thaha : 15-16)

Waktu yang dimaksud adalah : Waktunya shalat malah tidur, online, dan sibuk dengan kesibukannya sendiri. Waktunya belajar mengaji malah sibuk online, hura-hura bersama teman-teman sampai lupa waktu. Waktunya membaca Ayat suci Al Qur'an malah asik nonton tv dan bermain-main HP. Waktunya mencari nafkah untuk keluarga malah malas-malasan dan tidak mau bekerja. Dan masih banyak lagi waktu waktu yang terbuang dengan percuma.

Untuk itulah mari kita belajar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, agar waktu kita tidak terbuang sia-sia. Mumpung kita masih dikasih kesehatan, mumpung kita masih dikasih kesempatan, mari kita berlomba-lomba mencari kebajikan di jalan Allah. Mari kita tingkatkan ibadah kita, agar hidup kita di dunia ini tidak sia-sia. Selamat hidup di dunia sampai di akhirat nanti.

Semoga Allah swt melimpahkan rahmat serta hidayahNya bagi kita semua. Aamiin.

#Intropeksi diri
#Kajian Islam
#Remaja Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar